Kamis, 12 Januari 2012

Instalasi Driver


Instalasi Driver
            Setelah system operasi Window XP terinstal, lankah berikutnya adalah instalsi driver hardware. Windows XP kadang tidak mengenali beberapa hardware keluaran terbaru sehingga hardware tersebut tidak bekerja dengan normal
            Ada dua cara menginstal driver hardware, yaitu dengan secara otomatis atau secara amnual. Menginstal secara otomatis umumnya lebih mudah dilakukan karena tinggal mengikuti tahap tahap instalasi yang diberikan oleh program instalasi.

a.     Menginstal secara otomatis.
Tindakan pertama yang dilakukan adalah masukkan CD driver ke dalam drive optic . Tunggu hingga muncul menu autorun / dobel klik file instalasi driver yang terdapat pada CD, biasanyabernama “setup.exe”.
1.     Setelah CD driver dimasukkan, akan tampil menu autorun untuk memulai proses instalasi driver. Jika menu ini tidak muncul, jelajahi isi CD-ROM dan dobel klik file program untuk instalasi driver.
2.     Klik pilihan Driver Installation, sehingga muncul menu untuk memilih model kartu VGA.
3.     Klik pada NVIDIA GeForce 7300 Series. Pada kotak dialog pilihan OS yang muncul, pilih Windows 2000 / XP, kemudian klik OK
4.     Tunggu sampai muncul layar pembuka wisaya (wizard) instalasi driver. Setelah muncul, klik Next untuk memulai proses instalasi driver.
5.     Proses instalasi driver akan dimulai. Tunggu sampai selesai dan disarankan jangan menjalankan program lain selama proses instalasi driver berlangsung.
6.     Setelah proses instalsi driver selesai, Anda akan diminta untuk me-restart computer Anda. Pilih Yes, I want to restart my computer now dan klik finish. Pastikan anda terlebih dahulu menyimpan semua dokumen yang sedang di buka (jika ada).


b.     Instalasi secara Manual
Instalasi secara manual dilakukan bila file driver yang disertakan tidak memiliki program instalasi. Biasanya terdapat pada beberapa driver monitor. Walaupun demikian, para produsen hardware biasanya telah menyertakan petunjuk instalasi driver tersebut dalam paket hardware yang Anda beli. Contohnya pada menu autorun, terdapat pilihan Quick Install Guide yang jika diklik akan memunculkan dokumen digital berisi petunjuk instalasi driver tersebut dalam paket hardware yang anda beli, baik dalam bentuk dokumen digital maupun dokumen cetak. Jadi, anda tidak akan kebingungan dalam melakukan instalasi driver.
1.     Klik start, kemudian klik control panel. Tunggu sampai muncul jendela control panel, kemudian dobel klik icon system.
2.     Tunggu hingga muncul kotak dialog system properties. Klik pada tab hardware.
3.     Klik tombol device maneger.
4.     Tunggu sampai muncul jendela device maneger. Device maneger akan menampilkan semua hardware yang terpasang pada computer anda dalam susunan tree. Paling atas terdapat icon computer dengan nama computer anda. Di bawahnya tersusun secara alfebetis nama hardware yang terpasang. “Plug and Play”, menandakan bahwa hardware tersebut masih memakai driver dari Windows XP.
5.     Untuk menginstal driver monitor, klik tanda + pada bagian Monitor sehingga muncul cabang dengan nama Plug and Play Monitor. Dobel klik cabang tersebut.
6.     Pada jendela properties yang muncul, klik tab Driver.
7.     Pada tab driver, klik tombol Update Driver.
8.     Tunggu sampai muncul wisaya untuk pembaharuan (update) driver. Klik pilihan Yes, this time only, kemudian klik next.
9.     Pada pilihan metode instalasi, pilih install from a list or specific location. Kemudian, klik Next.
10.                        Pada pilihan pencarian, pilih Search for the best driver in these location. Beri tanda centang pada include this location in the search, kemudian klik Browse.
11.                        Klik lokasi tempat penyimpanan driver, kemudian klik OK.
12.                        Klik Next pada wisaya pembaharuan driver. Proses instalasi driver akan dimulai.
13.                        Setelah proses instalasi selesai, klik Finish.
14.                        Perhatikan bahwa jendela properties telah berubah sesuai dengan nama hardware, dalam hal ini monitor LG W1941. Begitu pula tampilan pada device maneger bagian monitors.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar